---MENJAWAB KEBUTUHAN DOKUMEN SOLUSI YANG HEMAT DAN TEPAT GUNA--- MENYEDIAKAN MESIN FOTOCOPY UNTUK KANTOR / USAHA, BAIK MESIN FOTOCOPY HITAM PUTIH MAUPUN WARNA, DENGAN HARGA BERSAING, JANGAN RAGU HUBUNGI KAMI. APPLE TO APPLE WE ARE CHEAPER--

Prinsip Dasar Photocopy Analog

Posted by Sentra Copier Jumat, 19 Oktober 2012 1 komentar
PRINSIP DASAR COPY  PROCESS PHOTOCOPY RICOH JENIS ANALOG


Gambar diatas merupakan Process copy mesin RICOH ANALOG, secara garis besar sama dengan merk fotocopy lain, perbedaannya pada mesin RICOH banyak terdapat sensor-sensor yang bekerja berkesinambungan dalam menjaga hasil copy seperti ID sensor (image Density Sensor), TD sensor(toner density sensor), Drum potensial Sensor. Dan dari awal pula RICOH menggunakan developer, yaitu serbuk magnet khusus yang  terdapat di dalam bagian developing bercampur dengan toner dalam proses cross mix nya. Lalu meng-"kuas" hasil campuran developer-toner ke drum. Hanya toner yang menempel di drum, sedangkan developer ikut masuk lagi ke developing unit. Sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik daripada fotocopy yang tidak memakai developer. Bukti bahwa memakai developer membuat hasil copy lebih baik adalah semua fotocopy warna merk apapun saat ini sudah menggunakan developer.
Perbedaan proses copy analog dengan proses copy digital BW (black n white) adalah di bagian scanning originalnya, dimana kalau kita lihat di gambar, hasil refleksi dari original dipantulkan melaui cermin-cermin dan di fokuskan oleh sebuah lensa, lalu akhirnya hasil refleksi tadi menscan ke DRUM langsung lalu terdapat laten image di drum. Laten = belum bisa dilihat oleh mata.
Sedangkan di proses scanning fotocopy DIGITAL hasil refleksi dari dokumen original masuk ke bagian CIS (Contact Image Sensor) lalu di convert dari sinyal analog ke digital 01 oleh CCD (Charge Couple Device). lalu diproses dan akhirnya dikirim ke bagian Laser unit untuk menscan ke DRUM.

  1. Pencahayaan, cahaya yang sangat terang yang dihasilkan dari lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah diletakkan di atas kaca dengan posisi terbalik ke bawah pada kaca, gambar pada dokumen kemudian akan dipantulkan melalui lensa, kemudian lensa akan meangarahkan gambar tersebut ke arah tabung drum. Tabung drum adalah silinder dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya.
  2. Gambar yang lebih terang pada permukaan drum akan mengakibatkan elektron-elektron muncul dan menetralkan ion-ion positif yang dihasilkan oleh kawat pijar ( corona wire ) sebelah atas drum ( kawat 1 ), sehingga pada permukaan yang terang tidak ada elektron yang yang bermuatan, sedangkan pada cahaya yang yang lebih gelap akan menghasilkan tidak terjadi perubahan muatan, tetap bermuatan positif.
  3. Serbuk berwarna hitam ( toner ) bermuatan negatif yang berada pada depeloper, akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum,
  4. Tegangan tinggi DC yang diberikan pada kawat pijar ( corona wire ) membuat drum bermuatan positif, kawat pijar ( corona wire ) terdapat dua buah, satu terdapat diatas drum ( kawat 1 ), dan di bawah drum ( kawat 2 ).
  5. Selembar kertas yang dilewatkan di bawah drum ketika drum berputar, sebelum kertas mencapai drum terlebih dahulu kertas dijadikan bermuatan positif oleh kawat 2, sehingga toner yang menempel pada kertas akan tertarik dengan sangat kuat ke kertas, karena gaya tarik muatan positif pada kertas lebih kuat dari pada muatan positif pada drum ditambah lagi dengan gaya gravitasi
  6. Berikutnya kertas akan di lewatkan melalui du buah rol panas yang bertekanan, panas dari kedua rol tersebut akan melelahkan toner yang kemudian akan menempel erat ke kertas.peristiwa ini akan menghasilkan copian atau salinan gambar yang sama persis dengan aslinya.
  7. Setelah toner turun ke kertas drum akan terus berputar sampai melewati blade (cleaning balde) pembersih drum kemudian melalui kawat 1 (primary corona wire), sehingga drum kembali bermuatan positif dan siap kembali disinari terus berulang-ulang

          sumber
Judul: Prinsip Dasar Photocopy Analog
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sentra Copier

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Prinsip Dasar Photocopy Analog
Ditulis oleh Sentra Copier
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://photocopyphotocopy.blogspot.com/2012/10/prinsip-dasar-photocopy.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks to give us very infomative information on your post,if you want then you can also visit on The Advantages of High Resolution A3 Laser Printers , you will get related information about A3 Laser Printers,Lanier photocopier and more in given link

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of SENTRA MESIN FOTOCOPY TANGERANG - INDONESIA - DEALER MESIN FOTOCOPY RICOH - HP - SAMSUNG.
Text Back Link Exchange